Senin, 09 November 2009

Mudah membangun e-Learning dengan ninehub

Jika dahulu untuk membangun kelas on line dengan Moodle harus bayar hosting dulu atau kalaupun ada yang gratis, web kita ditempeli banner oleh yang punya server, tapi sekarang kita akan memanfaatkan hosting gratisan tanpa banner. Meskipun tetap saja menjadi sub domain. Tetapi ini menurut saya jauh lebih efektif daripada kita harus pake hosting gratisan untuk hosting moodle dan setting sana-sini. Yang saya perkenalkan kali ini adalah free hosting moodle dengan ninehub. Cara mendapatkannya:

  • Untuk melakukan pendaftaran kunjungi alamat berikut: http://ninehub.com/signup.php.
  • Isikan alamat email dan alamat web yang kita kehendaki. Klik Submit untuk melanjutkan.

clip_image002

  • Jika tanpa masalah maka akan masuk ke email kita user dan password dari penyedia LMS gratis kita dalam satu hari, dua hari atau bahkan dalam hitungan minggu. Dari pengalaman saya aktivasi tidak bisa cepat dan berbeda dengan Moodle4free. Saya bahkan mendapatkan aktivasi LMS ninehub sampai dua minggu. Jika kita mau cepat mendapatkan saya sarankan untuk menggunakan moodle4free. Kekurangan hosting di moodle4free adalah adanya banner iklan yang mungkin kurang Anda sukai. Jika ternyata subdomain yang kita pilih sudah dipakai oleh orang lain maka akan muncul pesan berikut:

clip_image004

  • Bersabarlah untuk menunggu email, dan jika suatu saat menerima e-mail bersyukurlah dan gunakan melakukan setting hosting e-learning kita. Dari pengalaman meskipun kita register di ninehub tapi dapat domainnya sixhub, yo nggak apa-apa lah namanya juga gratisan.

clip_image006

Perhatikan, sebelum Anda kecewa amt.sixhub.com sudah tak pake, jadi jangan buang waktu untuk mencobanya.

  • Beberapa pengaturan awal mungkin kita perlu lakukan, misalnya mengganti bahasa, template, news de el el. Syukur-syukur bila kita sudah siap materi untuk di upload. Ini dia hosting moodle gratisan yang sixhub.

clip_image008

Sampai di sini kita sudah punya web untuk e-Learning gratis yang bisa kita manfaatkan untuk kelas online. Langkah berikutnya tentu kita harus isikan berbagai materi pembelajaran, kelas, manajeman tugas, ujian online hingga, analisis tes layaknya iteman. Yang perlu diingat kita tidak harus online saat membuat materi pembelajaran ataupun tes, jadi kita lebih hemat dalam koneksi. Ok, sampai jumpa lagi (arifudin)

1 komentar:

Copyright All Reserved © Komunitas e-Edukasi Kab. Hulu Sungai Utara
Amuntai - Kalimantan Selatan @2008 e-mail: eduhusura@gmail.com